Jejak Langkah

Sabtu, 26 September 2020

Tiga Serangkai Bujuk Paopale Daya

 

Oleh Moh. Ghufron Cholid*

1. Bujuk Asmoro Panglima 2. Bujuk Bungsoh 3 Bujuk Ponjuk demikian ketiga Bujuk ini berderet dalam satu congkop yang berlokasi di Sorren Paopale Daya Ketapang Sampang.

Lokasinya bisa dijangkau baik dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi. Kesunyian dan keheningan membuat tempat ini cocok dijadikan tempat riyadloh. Mendekatkan diri kepada Allah lewat jalur ziarah dan zikir.

Lokasinya ke Barat Daya Pasar Paopale Daya atau pasar paleh, demikian masyarakat paleh menyebut pasar kecil di daerahnya. Sebuah pasar yang hanya menjual ikan, sayur-sayuran dan kadang aneka gorengan. 

Berada di sekitar makam (asta dalam bahasa Madura) anda akan disapa rimbun pohon jambu mente dan beberapa kuburan yang tidak terlalu padat.

Jika anda tidak memiliki wudlu maka anda tak usah risau karena di samping congkop, sudah disediakan tempat khusus wudlu. Namun jika anda ingin BAB, anda tak usah risau meski sekitar congkop tak menyediadakan. Anda bisa ke kamar mandi warga sekitar, dan tinggal mengucapkan ngampongah jeddingah, maka anda sudah bisa BAB. 

Jika hendak riyadlah ke tempat ini disarankan untuk membawa bekal karena jika tidak membawa anda harus keluar area makam untuk melaksanakan pengisian yang sifatnya materi alias makan. 

Kadang tempat ini lebih sering dikunjungi ketika malam untuk yang mau riyadlah, namun selain malam juga bisa dikunjungi dan bisa di riyadlahi. 

Haulnya diadakan tiap tanggal 29 Sya'ban dan terbuka untuk umum, selamat berziarah dan berriyadlah semoga segala hajat dimudahkan Allah. Amien


Ketapang, 27 September 2020
*Alumni TMI Al-Amien Prenduan, Pengurus Lesbumi Kedungdung, pecinta ziarah sekaligus suka belajar silsilah. Alamat Rumah Pondok Pesantren Al-Ittihad Junglorong Komis Kedungdung Sampang. Hp 087850742323

Tidak ada komentar:

Posting Komentar