Jejak Langkah

Minggu, 01 Maret 2020

KH. MARZUQI: KIAI JUNGLORONG YANG DIANUGERAHI KEMAMPUAN MENJINAKKAN BINATANG



Oleh Moh. Ghufron Cholid

KH. MARZUQI memiliki nama asli Kiai Rosyidi. Salah satu kiai dari sekian kiai yang ada di Junglorong. Kiai yang diberi kemampuan oleh Allah menjinakkan binatang. Binatang yang paling disukai adalah kuda, burung merpati dan kera.
Menunggang kuda adalah hal yang paling digemari. Kala itu, kendaraan yang paling mewah adalah carry. Kiai Marzuqi dijemput oleh tuan rumah yang memiliki hajat dengan mobil mewah tersebut namun Kiai Marzuqi lebih memilih menunggang kuda untuk menghadiri acara yang membutuhkan kehadiran Kiai Marzuqi.

Tak terhitung berapa banyak kuda yang berhasil dijinakkan Kiai Marzuqi. Namun sepanjang sejarah Kiai Marzuqi lebih suka menunggang kuda kesayangannya hanya satu kuda. Begitu satu kuda meninggal barulah Kiai Marzuqi akan mencari kuda baru untuk ditunggangi. Anehnya kuda-kuda yang pernah ditunggangi seakan mengerti keinginan Kiai Marzuqi. Tiap kiai hendak beperhian dan mendekati kudanya maka secara spontan kuda tersebut merunduk dan membuat lebih mudah ditunggangi oleh Kiai Marzuqi tanpa proses yang rumit.
Kera yang dimiliki Kiai Marzuqi juga bisa dibilang unik, ketika anda berbuat baik maka dengan serta merta anda akan selalu berada dalam ingatan yang baik, di mata kera periharaan Kiai Marzuki. Sebaiknya jika anda berbuat jahat, terlebih menyanyikan tang tung bek abek kettang sittung bek jubek maka anda tak punya pilihan selain berlari sejauh-jauhnya, karena bisa jadi anda menjadi sasaran amuk kera. Anda akan menemui jalan buntu dan jika tidak memiliki jiwa petarung maka bersiaplah berdarah bila berhadapan kera milik Kiai Marzuqi.
Kera peliharaan Kiai Marzuqi semacam memiliki ingatan kuat kepada siapa saja yang pernah berbuat baik dan berbuat buruk. Jika anda tetap berada dalam perbuatan yang buruk, saya sarankan anda tidak bertemu kera tersebut atau anda harus bersiap dibuat sakit.
Baik kuda, kera maupun burung merpati peliharaan Kiai Marzuqi begitu setia kepada Kiai Marzuqi ada yang meninggal sehari sebelum Kiai Marzuqi wafat, ada yang meninggal bersamaan dengan wafatnya kiai dan ada pula yang meninggal sehari setelah Kiai Marzuqi wafat. Wallahu a'lam bisshowab.

Junglorong, 1 Maret 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar