Jejak Langkah

Senin, 02 Maret 2020

KH. MUKHTAR: KIAI JUNGLORONG YANG DIANUGERAHI MUKASYAFAH




Oleh Moh. Ghufron Cholid

KH. Mukhtar bin Kiai Sanusi bin Kiai Khomsyien bin Kiai Sulaiman bin Nyai Rahmah binti Kiai Abdul Kamal bin Sayyid Abdul Allam (Bujuk Abdul Allam, Prajjan) sementara dari nasab ibunya, KH. Mukhtar bin Nyai Nursiti binti Kiai Ismail bin Kiai Hadiun (Bujuk Montor) + Nyai Chotimah Sued (binti Sayyid Sued bin Sayyid Abdullah (Bujuk Ambessi, Junglorong) bin Sayyid Syarifuddin (Bujuk Sarebuh, Bajrahsokah) bin Sayyid Syamsuddin (Bujuk Krang Ngamuk) bin Sayyid Abdurrahman (Bujuk Bira) bin Sayyid Husein (Bujuk Sangkah).

Kiai Mukhtar merupakan salah satu kiai dari sekian Kiai Junglorong yang dianugerahi mukasyafah. Cerita ini bermula ketika Kiai Mukhtar sering bepergian ke Jebeh Dejeh (sebutan bagi Sampit, Plangkaraya dan lain sebagainya).

Awalnya mukasyafah Kiai Mukhtar belum terungkap dan belum masyhur. Belakangan mukasyafah yang dimiliki Kiai Mukhtar terungkap ketika Kiai Mukhtar bertemu dengan Kiai Ali Mas’ad yang tidak lain adalah keponakan Kiai Mukhtar sendiri.

Kala itu, Kiai Mukhtar berpesan, “Cong mole, koneeh koncinah e romanah.” Spontan Kiai Ali Mas’ad terperanjat kaget dengan ucapan Kiai Mukhtar. Sejenak waktupun hening tanpa percakapan. Kemudian Kiai Mukhtar melanjutkan ucapannya, “Sengkok benni tak mampu ngongkosih kakeh mole, mon pesse bedeh!” Mendengar ucapan pamannya Kiai Ali Mas’ad menunduk sesekali mengangguk semacam telah menemukan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi.

Semenjak perjumpaan dengan Kiai Mukhtar, Kiai Ali Mas’ad berusaha sekuat tenaga untuk bisa pulang, setelah dirasa sudah menemukan bekal untuk pulang Kiai Ali Mas’ad pulang ke Madura dan segera melaksanakan titah pamannya.

Anehnya, di Madura. Tepatnya di rumah Kiai Ali Mas’ad, ibunya seolah mengerti tentang kepulangan anaknya ke Madura dan bergegas memberikan kunci seperti yang telah diucapkan Kiai Mukhtar kepada Kiai Ali Mas’ad sewaktu berada di Jebeh Dejeh. Walhasil hidup Kiai Ali Mas’ad mulai mengalami perubahan hidup ke arah yang lebih positif. Hidupnya semakin terarah dan ekonominyapun juga membaik.

Junglorong, 2 Maret 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar